Selasa, 27 November 2012

Pengertian Kematangan


BILA berbicara mengenai kematangan, yang hadir dalam fikiran kita adalah seorang dengan sikap dan mental tenang atau dewasa dalam menghadapi suatu masalah. Sifat dan kekuatan dalam diri untuk bereaksi dengan cara tertentu disebut Readiness yang berupa tingkah laku.


Kematangan menurut definisi adalah suatu keadaan atau kondisi bentuk struktur dan fungsi yang lengkap atau dewasa  pada suatu organisasi, baik terhadap suatu sifat ataupun tingkah laku. Readiness membagi dua tingkah laku menjadi tingkah laku instingitif yaitu tingkah laku yang diwariskan melalui proses hereditas, dan tingkah laku yang dapat dipelajari dimana seseorang tidak akan berbuat secara intilijen apabila kapasitas intelektualnya belum memungkinkan. Manusia memiliki insting untuk mempertahankan diri juga mengembangkan diri. Atas dasar mengembangkan dirilah, manusia butuh belajar.

Belajar merupakan mental yang tidak dapat disaksikan dari luar, apa yang sedang terjadi dalam diri seseorang yang sedang belajar, tidak dapat diketahui secara langsung hanya dengan mengamati orang tersebut. Bahkan hasil belajar orang itu tidak langsung kelihatan tanpa orang tersebut melakukan sesuatu yang menampakkan kemampuan yang ia peroleh melalui belajar.

Berdasarkan perilaku diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa seseorang telah belajar adalah jika suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap.

Readiness dalam belajar melibatkan beberapa faktor yang bersama-sama membentuk readiness, yaitu :
1. Perlengkapan dan pertumbuhan fisiologis
ini menyangkut pertumbuhan terhadap kelengkapan pribadi seperti tubuh pada umumnya, alat-alat indera dan kapasitas intelektual
2. Motivasi
menyangkut kebutuhan untuk mempertahankan serta mengembangkan diri. Motivasi berhubungan dengan sistem kebutuhan dalam diri manusia serta tekanan-tekanan lingkungan.

*sampai bertemu pada postingan selanjutnya ^_^

1 komentar:

bilaang ..