Jumat, 16 November 2012

Whole Brain Training for Social Intellegent


Assalamualaikum..

postingan kali ini, mengenai buku yang berjudul "Whole Brain Training for Social Intellegent"  yang berisikan tentang pengaruh keseimbangan otak kanan dan otak kiri dalam kehidupan sosial kita. Buku ini menerangkan bahwa Indonesia menempati urutan tertinggi tingkat bunuh diri yang disebabkan oleh depresi. mengapa?
alasannya simpel nan sederhana. masyarakat kita kurang bersosialisasi. sangat disayangkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada saja hal yang membuat kita tertekan, frustasi dan bahkan depresi yang menyebabkan kita berperilaku tidak menyenangkan baik kepada orang lain bahkan diri sendiri. baik itu masalah pekerjaan, percintaan, lingkungan yang tidak kondusif, dan lain sebagainya. kita bagaikan berada dalam sebuah labirin dan bingung hendak mencari jalan keluar.

Banyak cara, yang bisa kita lakukan sebagai manusia normal yang dianugerahi akal dan fikiran oleh Tuhan (ALLAH SWT) untuk mencegah dan menghilangkan stres dalam fikiran kita. stres sebenarnya pun dibutuhkan loh oleh kita, tergantung kita memaknai stres itu sendiri. bila kita mampu membuatnya menjadi positif, maka sikap dan mental kita menjadi lebih kuat dan tangguh. namun, bila kita bawakan kearah negatif, jadilah kita seperti burung didalam sangkar.

bagaimana cara membuat stress menjadi positif?
1. fikirkan, bahwa yang punya masalah itu bukan hanya kamu seorang. diluar sana masih banyak yang kurang beruntung dari kamu. perbanyaklah membaca buku, refreshing ke alam bebas, dan lakukan hal-hal yang positif seperti bertemu teman lama dan berbagi cerita. ingat! berbagi cerita, bukan hanya mengeluh dengan keadaanmu, tapi dengarkan temanmu juga :)
2. Dengarkan. mendengarkan itu tidak mudah loh. saat kamu mendengarkan, kamu sadar bahwa dunia itu sangat luas. kamu bisa berbagi imajinasi kamu dengan temanmu.
3. Jangan dekati teman yang negatif. sama halnya virus, negatif itu menyebar lebih cepat dari yang kamu bayangkan. bertemanlah dengan teman yang membawa kamu kearah positif. jika kamu bilang kamu tidak punya teman yang positif, maka kamu harus membuka dirimu. ikutilah organisasi-organisasi kegiatan yang kamu sukai, baik itu keagamaan, pecinta alam, pecinta hewan. selain kamu bisa berbagi informasi, kamu pun bisa mendapat teman baru.

satu kutipan yang aku suka dari buku ini

" saat kamu bisa membuat orang lain tertawa, maka mereka akan mendengarkan kamu dengan penuh perhatian"

jadilah orang yang positif, jangan stress berlarut-larut dan ajaklah temanmu berbicara.



sampai bertemu pada postingan selanjutnya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bilaang ..